Bupati Inhil H.M Wardan Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.M Wardan meluncurkan Kampung Tangguh Nusantara di dua kecamatan yang ada di Kabupaten Inhil, yakni Kecamatan Tembilahan hulu dan Kecamatan Kempas, pada Kamis 9 Juli 2020.

Bupati Inhil H.M Wardan memberikan apresiasi  adanya program kampung tangguh Nusantara dengan gerakan Jaga Kampung, yang diinisiasi oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui seluruh jajaran yang ada di daerah. Dengan harapan, Kampung Tangguh Nusantara bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, serta dapat menjadi solusi peningkatan perekonomian bagi masyarakat.

“Saya berharap masyarakat dapat memaksimalkan potensi yang ada di sekelilingnya dan memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif sehingga perekonomian kita bisa berkembang”, jelas H.M Wardan.

Terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara,  juga merupakan bentuk sinergitas kebersamaan di antara pemerintah daerah, Polri dan TNI dalam mewujudkan kegotongroyongan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Kapolres Inhil AKBP. Indra Duaman Siahaan mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini nantinya bisa menjadi dasar peningkatan kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19, serta memicu masyarakat agar lebih produktif dalam pemenuhan kebutuhan ekonominya.

“Mari bersama-sama melaksanakan program ini karena hasilnya juga untuk saudara sekalian. Kita berharap program ini akan terus berlanjut, dan dapat menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat ”, ungkap Indra Duaman.

Sementara itu, Dandim 0314 Inhil Letkol. Inf Imir Faishal mengatakan, program kampung Tangguh Nusantara merupakan salah satu bentuk mewujudkan ketahanan pangan ditengah masa Pandemi Covid-19, serta merupakan bentuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karlahut).

“Sebenarnya manfaat program ini multifungsi. Kita membuka lahan untuk membentuk ketahanan pangan  dan jenis tanaman palawija yang akan kita tanam ini bisa mengurangi bahaya karlahut”, kata Imir Faishal.

Program jaga kampung yang ada di Kecamatan Tembilahan Hulu dan Kecamatan Kempas diharapkan  dapat menjadi pilot projek bagi desa-desa lain sehingga semua lahan kosong dapat termanfaatkan menjadi nilai ekonomis. Dengan adanya program Kampung Tangguh Nusantara dengan Gerakan Jaga Kampungnya, masyarakat petani merasa sangat terbantu dalam hal keamanan dan termotivasi  untuk lebih menjadi petani yang produktif.

 

……

Diskominfopers

Tembilahan, 10 Juli 2020