Bupati Inhil HM Wardan Paparkan Strategi Pengendalian Inflasi Daerah Pada Rakor bersama Kemendagri RI

Tembilahan Inhil,- Dalam rangka pengendalian inflasi di Indonesia, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang di ikuti  Bupati Indragiri Hilir, H.M Wardan melalui video conference di Ruang Vidcon Diskominfo PS, Senin (14/11/2022).

Rakor dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo turut juga diikuti oleh Bupati H.M Wardan di dampingi oleh Forkompinda, Kepala BPS Tembilahan serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Indragiri Hilir.

Perkembangan harga berbagai komunitas pada Oktober 2022 secara umum menunjukkan adanya penurunan harga. Berdasarkan hasil pemantauan BPS kabupaten Indragiri hilir dikota tembilahan pada bulan Oktober 2022 terjadi deflasi sebesar 0,70% dengan indeks harga konsumen sebesar 111,31. Untuk tingkat inflasi tahun kalender Oktober 2022 sebesar 3,61% dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Oktober 2022 terhadap Oktober 2021) sebesar 4,26%.

Atas Keberhasilan pemkab Inhil dalam upaya penanganan inflasi daerah tersebut, pada rakor bersama Wamendagri RI, Bupati Indragiri Hilir HM WARDAN di hadapan Wakil Menteri Dalam Negeri RI memaparkan 9 strategi Pengendalian Inflasi Kabupaten Indragiri Hilir, yang di sampaikan oleh Bupati H.M Wardan, di antaranya :

1.Optimalisasi TPID dalam memantau dan menentukan isu prioeitas serta langkah strategi yang harus di lakukan dalam pengendalian inflasi setiap bulan.
2.Mengaktifkan satgas pangan daerah, melaporkan harga dan ketersedian komoditas kepada kepala daerah.
3.Menjaga jalur distribusi barang (darat & laut)
4.Menyediankan pasar pengendalian inflasi (pasar subuh)
5.Menjaga stabilitas  komunikasi masyarakat
6.BPS mengolah dan  mempublikasikan informasi angka inflasi Kabupaten setiap bulannya.
7.Optimalisasi jaringan pengaman sosial bagi masyarakat
8.Gerakan tanam pangan cepat panen (pengaruh musiman)
9.Optimalisasi potensi daerah

Kementrian Dalam Negeri memberikan apresiasi  kepada Kabupaten Indragiri Hilir yang telah memiliki 9 strategi guna mengendalikan inflasi di daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Wakil Menteri  Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo berharap strategi pengendalian inflasi daerah yang di paparkan oleh Bupati Inhil tersebut dapat juga di terapkan di daerah Kabupaten/Kota di Indonesia lainnya.