Bupati Inhil HM WARDAN Hadiri Pekan Kenduri Budaya Riau di Jakarta, Wisata Religi Siap Jadi Andalan Skala Dunia

INDRAGIRI HILIR,- Ragam Budaya yang dimiliki Kabupaten Indragiri Hilir, seperti Wisata Religi Makam Tuan Guru Sapat siap dikenal se Nusantara serta belahan dunia. Hal itu di sampaikan Bupati Indragiri Hilir, Drs H Muhammad Wardan MP di sela menghadiri Pagelaran Budaya dan Silaturahmi Masyarakat Riau Jakarta, yang berlangsung di Anjungan Riau TMII Jakarta, Sabtu 10/6/23 malam.

Acara Pagelaran Pekan Kenduri Budaya Riau dihadiri Ketua Perkumpulan Masyarakat Riau Jakarta ( PMRJ) yang juga Wakapolri, Komjend. Gatot Edi, Sekjend Kemendagri, Suhajar Dewantoro dan Gubernur Riau, H Syamsuar serta sejumlah Bupati / Walikota Se Provinsi Riau.

Keberadaan Makam Syekh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari di Dusun Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Indragiri Hilir Riau selalu menjadi daya tarik masyarakat, baik itu di dalam daerah maupun luar daerah.

Setiap tahun masyarakat terus memperingati haul tuan guru setiap tahun bertepatan dari hari wafatnya. Hal ini sendiri merupakan bentuk penghormatan kepada Tuan Guru Sapat atas perannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya di bidang agama Islam.

Selain itu setiap harinya makam Tuan Guru Sapat terus didatangi oleh jamaah atau wisatawan dari berbagai pelosok nusantara hingga negara tetangga, yaitu  Malaysia Singapura dan Brunei Darussalam dan lainnya.

Bupati Inhil HM WARDAN  menjelaskan, Makam Tuan Guru Sapat tentunya menjadi potensi yang besar bagi daerah bila digarap dengan baik.

“Masyarakat terus datang, ini menjadi potensi besar bagi daerah kita juga. Kalau di makam tuan guru ini kan setiap tahun juga ada haul dan itu ramai, jadi luar biasa potensinya itu,” katanya.

Selain Wisata Religi Makam Tuan Guru Sapat, Kabupaten Indragiri Hilir juga memiliki potensi wisata lainnya seperti even Gema Muharam yang sudah berhasil meraih rekor Muri, Pantai Solop dengan suguhan Pasir Sersah dan jajaran Magrovenya, Hutan Magrove Sungai Asam, Air Terjun 86 dan Tembulon Rusa dan banyak lagi wisata lainnya.

Sementara Gubernur Riau, H Syamsuar menyambut positif berbagai upaya yang dilakukan kabupaten / kota, termasuk Kabupaten Indragiri hilir dalam percepatan pengembangan pariwisata alam dan budaya. Indragiri hilir sudah punya Wisata Religi Makam Tuan Guru Sapat, dan Pemprov Riau siap untuk membantu dan menfasilitasi segala hal untuk kemajuan pariwisata di daerah, tutup nya.