Bertahan Dengan Peluang Baru

Pandemi Covid-19 merubah berbagai aspek kehidupan, mulai dari segi kesehatan, sosial sampai dengan segi ekonomi. Perubahan tatanan kehidupan dimasa pandemi ini mempengaruhi berbagai profesi pekerjaan, secara umum membuat banyak profesi yang harus kehilangan pekerjaannya atau bersiasat untuk belajar lagi mencari peluang dengan mencoba usaha sampingan.  Salah satunya seperti yang tengah dialami Agus Firman, seorang Agen Travel yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Ditutup dan dibatasinya berbagai daerah untuk dilakukan kunjungan, otomatis membuat penjualan tiket menurun dan berimbas pada pendapatannya. Melihat perkembangan zaman saat ini, membuat Agus berfikir untuk mencoba peruntungan di bisnis online.

“Melihat kondisi saat ini, saya fikir jualan online menjadi salah satu usaha sampingan yang tepat untuk saya pelajari. Dengan modal tabungan yang saya miliki, berbagai produk jualan saya jajakan di akun media sosial saya. Seperti jajanan, perlengkapan rumah, pakaian, dan produk lainnya,” jelas Agus.

“Alhamdulillah, hasil dari berjualan online ini dapat menambah kebutuhan hidup sehari-hari saya dan keluarga. Jualan online ini juga membantu saya dalam mempromosikan usaha Travel Agen yang saya miliki, meskipun pemesanan jasa transportasi saat ini tidak seramai dulu,” tambah Agus.

Menyikapi hal ini, pemerintah sendiri tidak tinggal diam begitu saja. Berbagai bantuan disalurkan melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang anggarannya mencapai Rp 695,2 triliun. Bantuan yang diberikan pemerintah pun tak hanya menyasar kepada masyarakat ekonomi menengah dan UMKM saja, tetapi juga pada perusahaan dan karyawan yang dirumahkan.

 

…………..

Indragiri Hilir, 4 Desember 2020

Penulis : Hasbiantoro

Diskominfopers Inhil