Atasi Abrasi, H.M Wardan Pinta Dinas Gaet Dana dari Pusat

KATEMAN - Fenomena Abrasi kerap terjadi di desa Kuala Selat, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), akibatnya beberapa rumah dan bangunan di desa tersebut ambruk.  Respon terhadap kasus tersebut, Bupati Inhil, H. M Wardan tinjau lokasi abrasi (4/11/2020).

“Tak hanya menimpa satu wilayah saja, terdapat tujuh desa di Kecamatan Kateman yang terkena ancaman Abrasi jika tidak ditangani dengan serius”, ungkap H.M Wardan saat berada di Balai Desa Kuala Selat.

 Bupati turut didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas(Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), Pelaksana Tugas Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  Kadis Pertanian dan Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Orang Nomor Satu di Inhil itupun meminta Dinas terkait untuk menggaet dana dari Kementerian guna menanggulangi permasalahan abrasi.

“Kalau mengharap anggaran daerah saja kita sulit, jadi saya harap Dinas terkait dapat mencari peluang di pusat melalui Kementerian”, pinta Bupati Inhil.

Bahaya yang ditimbulkan abrasi setiap tahunnya menghantam bangunan dan pemukimam warga. Hal tersebut diungkapkan Camat Kateman, Karmen.

“Saat gelombang besar datang kemaren, beberapa rumah warga dan pasar runtuh pak”, cerita Karmen dihadapan Bupati.

Selain tempat tinggal warga, lahan pertanian dan perkebunan di Kateman juga terancam diterpa abrasi.

“Kalau tidak ada penahan dan pemecah gelombang, ada 7 batang parit lahan perkebunan yang terancam rusak termasuk wilayah pertanian binaan. Oleh karena itu, kami mengharap perhatian dari pemerintah”, jelas Imam Taufik, Kepala Desa Kuala Selat.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Desa dan Kecamatan untuk menanggulangi permasalahan ini, seperti membuat tanggul dan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait.

 

…………..

Tembilahan, 5 November 2020

Diskominfopers Inhil

 

  • Ditayangkan oleh: Nirma
  • Kamis, 05 November 2020 12:25 WIB
  • H.M Wardan, Abrasi, Kuala Selat, Diskominfopers Inhil