• +62768123
  • mediacenter@inhilkab.go.id

PKK Jalin Kerja dengan Lembaga Nasional

TEMBILAHAN - Untuk ikut membantu menyukseskan program-program pemerintah, Tim Penggerak (TP) PKK menjalin kerja sama dengan lembaga terkait.

Salah satunya dalam menyukseskan program nasional seperti lomba IVA tes. Ketua TP PKK Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikhah Wardan, memimpin dalam rangka mengikuti lomba IVA tes ditingkat Nasional.

"Kita tengah mempersiapkan keikutsertaan Inhil pada lomba IVA test yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang," kata Zulaikhah Wardan, Kamis (3/8).

Sebagaimana diketahui IVA test ini dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi dini adanya kanker leher rahim (serviks) bagi kaum perempuan, khususnya Ibu usia subur. Dengan demikian dapat diambil tindakan.

"Alhamdulillah, pada April 2017 lalu kita (PKK, red) mampu meraih juara IVA tes tingkat Provinsi Riau. Mudah-mudahan kita kembali dapat meraih prestasi ditingkatkan Nasional," harapnya.

Hal ini tentu dapat memberikan motivasi, supaya PKK Inhil semakin maksimal dalam menjalankan tugas-tugas keorganisasiannya. Pada dasarnya mambantu masyarakat, terutama kaum ibu di usia subur, dalam mendeteksi kangker serviks.

Sambung Zulaikhah, berdasarkan informasi setiap 2 menit 1 orang di dunia meninggal, karena kanker serviks. Sementara di Indonesia terjadi kematian karena kanker serviks setiap 2 jam sekali. Artinya penyakit tersebut sangat perlu diwaspadai.

Maka dari itu Ibu Negara, lanjut Zulaikhah, telah menggas program IVA test bersama TP PKK seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaan terdapat beberapa hambatan. Diantaranya, jarak tempuh Puskesmas yang terbilang jauh.

Sehingga ibu-ibu enggan atau malu untuk memeriksakan dirinya. Di Kabupaten Inhil, sepanjang tahun 2017 sekitar 20 persen masyarakat sudah melaksanakan IVA test. Diharapkan angka itu terus meningkat.

  • Ditayangkan oleh: Muhammad Firdaus
  • Senin, 07 Agustus 2017 09:10 WIB
  • PKK Indragiri Hilir